3 Cara Mendesain Product Tag Istimewa Agar Branding Semakin Melesat

Product tag merupakan hal yang penting dalam sebuah pemasaran. Selain sebagai pengenal identitas produk tersebut, tag juga meningkatkan branding sebuah produk dengan lebih cepat. Biasanya banyak digunakan pada produk fashion. Fungsi lain dari tag selain mencantumkan nama brand, biasanya juga untuk menampilkan ukuran produk, cara perawatan dan penyimpanan.

Dikarenakan product tag merupakan perwakilan dari identitas sebuah produk, maka jika Anda berniat untuk merancang desain tag untuk produk Anda, lakukanlah 3 tips berikut ini.

1. Siapkan Tag Ekstra

warna-warni product tag

Tentu saja sebagai teknik pemasaran dan branding yang tepat, sebuah produk seharusnya hanya memiliki satu tag saja. Semakin unik tag yang produk Anda miliki, semakin mudah masyarakat mengenali dan menghafal produk tersebut. Namun untuk beberapa kasus tertentu, sebuah produk bisa jadi memiliki dua tag.

Biasanya hal ini terjadi sebagai bukti kualitas kepada pembeli. Para fashionista adalah sosok-sosok yang mencintai originalitas, biasanya mereka butuh bukti bahwa kain yang dipakai dalam pembuatan produk Anda benar-benar asli. Untuk membuktikan hal ini, Anda bisa menyediakan satu tag ekstra berupa contoh kain yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

2. Rancang Desain Tag sebagai Alat Edukasi

romantis product tag

Alat edukasi di sini maksudnya bukan sebagai alat pendidikan dan pengajaran. Namun lebih kepada memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada pelanggan tentang detail produk Anda. Informasi yang bisa Anda tampilkan pada tag antara lain situs web official Anda, nomor layanan purna jual, instruksi perawatan dan penyimpanan produk.

Tak lupa juga sisipkan logo produk Anda di dalamnya sebagai tanda bahwa produk yang pelanggan beli adalah produk asli. Berikan ciri khas pada logo produk yang sekiranya tidak memungkinkan ditiru oleh produsen lain, misalnya dengan memilih tipografi yang belum pernah dipakai sebelumnya.

3. Semakin Sederhana, Semakin Baik

desain product tag kreatif

Meski unik dan terlihat berbeda itu penting, namun kesederhanaan adalah hal yang jauh lebih utama. Bagaimana pun product tag, khususnya yang dibuat untuk produk baju, biasanya terletak di bagian kerah leher. Semakin terlalu banyak desain justru bisa jadi membuat pemakainya tidak nyaman. Maka tetap utamakan desain yang sederhana.

Desain sederhana tetap bisa terlihat unik, selama Anda kreatif dan original dalam menyajikannya. Yang terpenting tampilkan fitur-fitur penting yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan. Sehingga setiap kali seseorang melihat tag produk Anda, ia akan langsung ingat pada brand produk Anda.

Tag produk biasanya terdiri dari dua jenis utama; tag berdesain satu lembar dan tag berdesain dua lembar. Pemilihan desain ini tentunya tergantung pada selera dan kebutuhan Anda. Desain mana pun yang Anda suka, tetap ingat bahwa unik adalah kuncinya, namun kesederhanaan tetap yang utama.

Tag merupakan perpanjangan tangan dari merek produk yang sedang Anda kembangkan. Tag tidak hanya sebagai kartu bisnis dan papan pengenal berjalan bagi produk Anda, namun juga cara Anda menunjukkan kuaitas terbaik kepada pelanggan.

Oleh karenanya jangan merasa sayang untuk berinvestasi dalam desain dan produksi tag pakaian Anda. Karena ke depannya, tag produk tersebut bisa menjadi sangat penting dalam persaingan di dunia fashion. Bisa jadi sentuhan kecil yang Anda siapkan sebaik mungkin membuat merek pakaian Anda diingat lebih kuat dibandingkan produk lainnya.

product tag untuk pemasaran laris manis

Melirik tag produk pesaing bisa jadi cara mudah mendapatkan inspirasi ketika Anda ingin mendesain tag produk sendiri. Lihatlah tag dari produk-produk yang laris manis di pasaran dan memiliki branding yang kuat. Pelajari apa yang disampaikan lewat tag produk tersebut dan terapkan pada desain tag yang sedang Anda buat. Tentu saja tag produk Anda harus lebih baik.

Product Tag yang ditiru adalah tantangan terbesar bagi sebuah produsen. Namun bukan berarti kita harus menyerah dan asal-asalan mendesain sebuah tag. Pilihlah desain logo dan tulisan yang bisa menyampaikan rasa ketulusan Anda untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan. Nilai ketulusan ini akan dirasakan oleh pelanggan sebagai citra yang baik. Jangan takut ditiru, tetaplah berkarya secara orisinal dan buktikan Anda yang nomor satu!

more at Vallet www.vallet.id

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai